Kamis, 07 Januari 2016

Renungan: Pengudusan dan Dosa Kecil

Pengudusan: Ketika saudara menyerahkan SEGALANYA kepada KRISTUS (bukan hanya sedikit atau sebagia yang diberikan kepada KRISTUS seperti yang dilakukan oleh gereja suam-suam kuku); bertobat dari dosa-dosa saudara - mengampuni semua orang - berdoa agar selalu berada di dalam Kehendak BAPA - berdoa agar BENAR-BENAR DIPENUHI ROH KUDUS (tidak diisi sedikit atau sebagian saja seperti gereja suam-suam kuku) SAUDARA TELAH DIPILIH BAGI TUHAN SECARA SEMPURNA (BAPA, ANAK dan ROH KUDUS) dan karena saudara memilih dengan sempurna - saudara telah dibuat sempurna - karena PERLINDUNGAN KRISTUS. TAPI SAUDARA MASIH DALAM PROSES dan sedang "dikuduskan" karena saudara terus mencari KRISTUS melalui doa - dan melalui membaca Alkitab seperti seorang murid yang disiplin dan ROH KUDUS terus mengajar saudara(bukan dengan ajaran manusia, melainkan oleh ROH ELOHIM yang MENGUNGKAPKAN KEBENARAN). Setiap hari saudara sedang dikuduskan - sehingga pertobatan terus berlangsung karena setiap hari saudara belajar hal-hal baru dimana saudara mengetahui bahwa telah berbuat dosa terhadap TUHAN yang KUDUS sembari saudara disucikan di dalam Firman Tuhan.

Rubah-rubah kecil yang merusak kebun-kebun anggur


TUHAN membedakan saudara dari dunia ketika saudara menjadi milik TUHAN: MENJAUH DARI DUNIA- saudara ada berada dalam "dunia" tapi bukan berasal dari dunia. Ada perbedaan besar di antara keduanya. TUHAN berbicara tentang "dosa kecil" bahkan menjadi masalah. DIA mengatakan sedikit ragi dapat mengkhamirkan seluruh adonan - atau saudara bisa mengatakan: sedikit kotoran saja membuat seluruh kue-kue brownies rusak... Dalam Kidung Agung konsep yang sama diperkenalkan sebagai "rubah-rubah kecil yang merusak kebun anggur" - rubah (iblis yang membawa kita untuk berbuat dosa) menjauhkan kita dari "berada di dalam kebun Anggur" Yang adalah KRISTUS.
Apa itu dosa kecil? Yah itu bisa apa saja yang tampaknya kecil menurut saudara, tapi bagi TUHAN yang KUDUS – DOSA ADALAH DOSA... Mintalah Tuhan untuk menunjukkan dosa saudara. Seberapa serius "dosa kecil? ini" Nah TUHAN memberi suatu gambaran: Bayangkan saudara berada di dalam sebuah perahu di atas air dan perahu mewakili kehidupan saudara dan air merupakan dosa. Jadi apakah perahu saudara "tertutup dari dunia?" Karena jika perahu saudara bahkan memiliki lubang kecil (dosa kecil) di dalamnya, air bisa masuk ke dalam (dosa) dan membanjiri perahu Anda dan menenggelamkan hidup saudara dalam dosa. Saudara harus hati-hati terhadap lubang di perahu saudara di mana dosa bisa masuk- ragi - rubah kecil ... Itulah mengapa saudara harus dekat dengan KRISTUS yang akan membantu saudara untuk menangani baik dosa besar maupun kecil.
 

Galatia 5: 9Sedikit ragi sudah mengkhamirkan seluruh adonan.

Kidung Agung 2:15Tangkaplah bagi kami rubah-rubah itu, rubah-rubah yang kecil, yang merusak kebun-kebun anggur, kebun-kebun anggur kami yang sedang berbunga!

Oleh Susan Davis


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar