Rabu, 19 Maret 2014

Penjelasan mengenai Akhir zaman - oleh Chuck Missler



Shalom,

Saya sangat tertarik untuk membagikan apa yang dibicarakan dalam video di atas. Cukup menarik untuk disimak dan dijadikan pengetahuan bagi kita agar semakin mengerti Firman Tuhan. Saya sangat paham dengan banyaknya pendapat yang menyebabkan seringnya terjadi perdebatan. Oleh sebab itu, saya mohon menanggapinya dengan hati yang terbuka, kedewasaan rohani, dan saya tidak memaksa untuk meyakininya 100%, namun biarlah ini boleh menjadi referensi saudara.

Berikut poin-poin yang akan kita pelajari:

→ Daniel 9:25-26 merupakan interval zaman gereja (2000 thn), Daniel 9:27 merupakan masa setelah pengangkatan (7 tahun masa Tribulasi)

→ Skrg ini banyak sekali yang menantikan perdamaian antara Palestina – Israel, yang mana disebut-sebut sebagai penggenapan Daniel 9:27. Tetapi bagaimana kalau hal tersebut terjadi setelah Rapture/pengangkatan. Berikut yang dikatakan Chuck Missler dalam video tersebut : “Tidak akan ada perjanjian damai sampai datangnya raja damai (palsu) yang akan mendamaikan...”

Note: Dari kedua poin di atas, sangat masuk akal mengapa Chuck mengatakan demikian. Apabila Daniel 9:27 merupakan 7 tahun masa Tribulasi, maka rapture/pengangkatan harus terjadi lebih dahulu. Dan menurut Chuck ada jarak waktu antara pengangkatan dan dimulainya 7 tahun masa tribulasi.

→ Penguasa dunia [anti-kris] tidak akan muncul sebelum pengangkatan / rapture terjadi. (Silahkan dibaca dan cermati 2 Tesalonika 2)

→ Setelah anti-kris muncul maka ia akan memaksakan perjanjian itu(untuk kurun waktu 7 tahun), dan hal ini memerlukan proses, entah dalam hitungan hari, bulan atau bahkan tahun...kita tidak tahu. Namun yang pasti ada jarak waktu sampai perjanjian itu benar-benar disepakati. Inilah salah satu pemicu dimulainya 7 tahun masa tribulasi. Dengan kata lain, setelah rapture terjadi, 7 tahun masa tribulasi tidak langsung terhitung tepat di hari pegangkatan/rapture terjadi. Kemudian di pertengahan perjanjian itu (stlh 3,5 thn), ia akan melanggar perjanjian itu dan duduk di bait suci untuk disembah. Hal ini memicu peristiwa yang dijelaskan Yesus di Matius 24.

→ Lukas 21:12-24 tidaklah sama persis dengan Matius 24:3-28. Lukas 21:12-24 sudah digenapi pada saat Roma mengepung Yerusalem. (perhatikan ayat 12, terdapat kata-kata : ”Tetapi SEBELUM SEMUANYA ITU...”) . Menurut Chuck, Matius 24 dan Markus 13 adalah penjelasan yang diberikan Tuhan Yesus kepada 4 muridnya di bukit zaitun secara pribadi pada malam hari. Sedangkan dalam Lukas 21, Tuhan Yesus berbicara di bait suci pada siang hari dengan pendengar(audience) yang berbeda. 

► Dalam Lukas 21:32: Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya angkatan ini tidak akan berlalu, sebelum semuanya terjadi. Chuck Missler menjelaskan, bahwa 38 tahun setelah Yesus berbicara mengenai hal tersebut, Yerusalem diruntuhkan (diserbu pasukan Roma). Ini adalah angka yang hampir sama dengan satu angkatan/generasi Israel yang mengembara 40 tahun di padang gurun. Inilah mengapa banyak sekali kesalah pahaman pengertian dan tidak sedikit yang mengatakan bahwa itu akan terjadi hari-hari ini.

► Dalam Matius 24:3-28, Yesus menjelaskan mengenai akhir zaman dan menjelaskan suatu angkatan/generasi yang berbeda(generasi kita saat ini – generasi akhir). Terutama matius 24:15 yang menjelaskan dimulainya 'Great tribulation' [3,5 tahun akhir dalam masa 7 tahun tribulasi].

→ Menurut Chuck Missler, setelah mempelajari pasal demi pasal dalam alkitab, muncul-lah doktrin “segera/dekat”. Karena bila kita mau meneliti dan berpikir sejenak, maka tidak didapati ekspresi yang sangat jelas dalam alkitab yang menjelaskan suatu kondisi sebelum terjadinya rapture/pengangkatan. Namun, hal ini jelas tidak berlaku untuk “second coming” (mohon pembaca membedakan antara Pengangkatan dan Second coming/Kedatangan Tuhan yan kedua kalinya). Second coming tidak bisa terjadi beberapa menit atau jam dari sekarang ataupun esok hari, karena Firman Tuhan memaparkan begitu jelas bahwa sebelum kedatangan Tuhan yang kedua kali ke bumi, harus ada hal-hal yang terjadi terlebih dahulu dan yang paling populer adalah -- 7 tahun masa tribulasi sendiri belum dimulai. Dengan kata lain Rapture dapat terjadi setiap saat sekarang, dan itulah mengapa Tuhan menginginkan agar kita waspada dan selalu berjaga-jaga senantiasa dan bahkan disebutkan datang di saat yang tidak terduga. Dan waktuya memang sudah dekat! Apabila Bapa di Sorga sudah memberikan perintah kepada sang Anak agar mengumpulkan mempelai-Nya, maka tidak akan ada hal apapun yang dapat menghentikannya.

→ Hosea 5:15Aku akan pergi pulang ke tempat-Ku, sampai mereka mengaku bersalah dan mencari wajah-Ku. Dalam kesesakannya mereka akan merindukan Aku.Dalam ayat ini, disebutkan bahwa TUHAN akan kembali ke tempat-Nya. Berarti Tuhan tadinya meninggalkan tempat-Nya. Hal ini seperti menggambarkan masa tribulasi di mana diijinkan segala kesesakan terjadi ke atas manusia dan manusia akan mencari Tuhan sungguh-sungguh pada masa kesesakan itu. Dan....bila kita cermati dengan penjelasan ini, apakah yang dimaksud dalam Matius 24:14 akan benar-benar tergenapi di masa tribulasi?? Mengingat nanti pada masa tribulasi terjadi pembunuhan umat kristen yang tertinggal secara global (dan juga mereka yang memang ditentukan menjadi martir) dan membuat mata dunia terbuka kepada kebenaran. Pada masa tribulasi (masa kesesakan/sukar) banyak orang yang tersadar dan akhirnya sungguh-sungguh mencari Tuhan [Dalam kesesakannya mereka akan merindukan Aku], namun kebanyakan dari mereka harus membayar harga yang mahal, yaitu dengan nyawa mereka...

→ Kemudian, mengenai perumpamaan pohon Ara. Banyak orang setuju bahwa itu melambangkan Israel. Ya, mungkin itu benar. Namun bagaimana apabila Tuhan Yesus bermaksud untuk menjelaskan kepada kita dengan cara yang mudah dan sederhana, mengingat kita ini sangat dikasihi-Nya dan bahkan kita ini adalah anak-anak-Nya?? Menurut penjelasan Chuck, hal itu menjelaskan bahwa kita anak-anak-Nya tidak akan terkejut pada saat pengangkatan terjadi. Dalam Lukas 21:29 disebutkan ”Perhatikanlah pohon ara atau pohon apa saja.” Dengan kata lain, apabila kita dapat mengetahui dan merasakan musim kemarau atau hujan akan tiba, lalu mengapa kita anak-anak-Nya tidak dapat merasakan dekatnya “musim pengangkatan”? Dalam 1 Tesalonika 5 juga disebutkan bahwa kita adalah anak-anak terang, anak-anak siang dan bukan anak-anak kegelapan. Dan bagi anak-anak kegelapan, pengangkatan akan seperti pencuri yang datang malam hari serta mengejutkan mereka.

→ Ada penjelasan yang cukup menarik dari Chuck Missler dalam video tersebut. Ia ditanya, apakah anti-kris sekarang ada/hidup hari ini? Chuck menjawab ya. Lebih lanjut Chuck menjelaskan bahwa rapture/pengangkatan juga akan mengejutkan setan. Dalam artian, ketika pengangkatan terjadi; setan tahu bahwa ia tidak memiliki banyak waktu, maka dari itu ia memerlukan “partner” untuk menjalankan skema jahatnya. Muncul pertanyaan dalam benak saya mengenai penjelasan Chuck, apa maksudnya setan membutuhkan “partner”? Bukankah setan juga pasti akan tahu kalau rapture sudah terjadi atau belum? Bukan...bukan masalah tahu atau tidaknya, namun setan membutuhkan partner, yaitu anti-kris, yang mana dapat dikatakan realisasi dari wujud setan ke dalam dunia (2 Tes 2:9?). Dengan kata lain, setan yang ada di alam roh memerlukan sosok manusia yang dapat tampil di muka umum (di alam nyata – dunia ini) serta memulai 7 tahun masa tribulasi secepat mungkin. Oleh sebab itu dikatakan akan adanya jarak waktu (proses) antara pengangkatan dan dimulainya 7 tahun masa tribulasi dan kita tidak tahu berapa lama interval waktu tersebut.

→ Mengenai Anti Kris. Dari Chuck sendiri mengatakan bahwa sia-sia kalau kita berusaha mencari tahu siapa anti kris itu sebenarnya, karena anti kris akan muncul setelah pengangkatan terjadi. Saya setuju dengan pernyataan Chuck, karena saya sendiri sempat mendengar kesaksian Shanon Johnson yang mendapat penjelasan dari Susan Davis bahwa Anti-Kris masih belum muncul, tapi...yang sudah diungkapkan adalah yang disebut dalam 2 Tesalonika 2, yaitu “lawan yang meninggikan diri(sang pendurhaka)”. Entah sang pendurhaka inilah yang akan mengungkapkan jati dirinya yang sebenarnya sebagai anti-kris atau, ia yang akan membukakan jalan kepada anti-kris? Sampai sekarang masih tidak dapat diketahui. Karena jati diri Anti-kris yang sebenarnya akan muncul dan tidak akan diragukan lagi ketika pengangkatan sudah terjadi.

Semua informasi ini seperti susunan puzzle yang mulai datang melengkapi satu dengan yang lainnya. Kita benar-benar hidup di akhir zaman. Kesimpulannya aadalah :

1. Tidak akan ada yang tahu kapan tepatnya rapture akan terjadi dan Janganlah menetapkan tanggal pengangkatan

2. Lukas 21:12-24 dan Matius 24:3-28 tidak dapat disamakan dan dicampur, karena itu membicarakan 2 peristiwa yang berbeda namun memiliki kemiripan, dan dengan demikian Lukas 21:12-24 sudah digenapi. Saya semakin menyadari bahwa sebenarnya beberapa peristiwa besar yang ada di bumi ini seperti mengulang/mirip peristiwa yang sudah pernah terjadi sebelumya. Dalam video di atas, Chuck Missler mengungkapkan bahwa dalam Lukas 21:12-24 itu akan mirip terulang di akhir zaman (pembicaraan dalam matius 24), maka dari itu hal ini cukup banyak membuat orang bingung dan meganggapnya sama. Satu contoh lain, Tuhan memberitahukan kepada kita bahwa akhir zaman seperti zaman nuh

3. Sangat baik apabila kita mengetahui tanda-tanda zaman dan pada hari-hari ini sudah sangat jelas terlihat. Namun jangan terpatok atau terpancang pada tanda-tanda itu saja. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa pengangkatan/rapture tidak memiliki tanda-tanda yang sejelas dan serinci Second coming.

Note: Kita tidak tahu pasti apakah perjanjian damai antara Israel dengan Palestina benar-benar akan terjadi dan kita juga tidak tahu pasti apakah perjanjian antara Israel dan Palestina ini merupakan tanda bahwa akan terjadinya pengangkatan karena alkitab sendiri tidak menyebutkan demikian, malah sebaliknya. Jadi jangan hanya terfokus pada hal tersebut. Bagi saya, tanda-tanda yang sekarang kita lihat ini (termasuk bulan menjadi merah darah dan gerhana matahari, 2014-2015) bukanlah syarat utama/pasti sebelum terjadinya pengangkatan. Tapi ini semua merupakan tanda-tanda yang diberikan Tuhan agar kita peka dan menyadari di musim mana kita berada sekarang dan merupakan peringatan agar kita selalu siap dan menantikan Tuhan setiap saat

4. Jangan berusaha meyakinkan diri kita sendiri atau orang lain agar siap masuk ke dalam Tribulasi. (Silahkan baca dan renungkan lagi penjelasan di atas, Hosea 5:15—karena inilah salah satu tujuan adanya tribulasi, yaitu bagi orang-orang yang sekarang melupakan dan mengacuhkan Tuhan) Apakah saudara termasuk orang tersebut?

5. Tidak perlu berdebat mengenai siapa anti-kris karena itu akan membuang-buang waktu saudara dan sia-sia belaka

6. Biarlah pelita kita tetap menyala dan selalu siap sedia setiap saat karena Tuhan datang pada saat yang tidak kita duga
Matius 24:44Sebab itu, hendaklah kamu juga siap sedia, karena Anak Manusia datang pada saat yang tidak kamu duga." 

7. Tidak ada tuntutan untuk mempercayai 100% artikel ini. Biarlah Roh Kudus sendiri yang menerangi, memberi hikmat dan mengajar kita masing-masing pada saat membaca firman-Nya

Tuhan Yesus memberkati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar