Yer 49:35 Beginilah YHVH Tzevaot berfirman: Lihatlah Aku akan mematahkan busur Elam, pangkal kekuatan mereka.
Iran adalah salah satu negeri yang dinubuatkan Kitab Suci akan memainkan peran penting dalam hari-hari terakhir. Dalam perang Gog dan Magog, Iran (Persia) akan bersekutu dengan Rusia (Rosh) dan Turki (Bet Togarma) akan menyerang Israel dalam perang besar terakhir di Akhir Zaman. Ini dituliskan Nabi Yehezkiel dalam Yehezkiel 38-39. Namun ada nubuat lain tentang Iran yang mungkin mendahului skenario Perang Gog dan Magog.
Dalam Yeremia 49:34-39, kita diberitahu bahwa Elam akan ada di bawah penghakiman Elohim karena bersekongkol untuk melancarkan serangan terhadap Israel pada “hari-hari terakhir”. Iran modern terdiri dari Elam kuno (dari kata עוֹלָם olam, artinya kuno; Elam mencakup sepersepuluh wilayah Iran) dan Persia. Nubuat tentang Iran ini belum digenapi, tetapi tampaknya sejalan dengan aspirasi nuklir Iran saat ini! Mari kita lihat nubuat dalam Yeremia 49:35-39 …
Yer 49:35 “Beginilah YHVH Tzevaot berfirman: Lihatlah Aku akan mematahkan busur Elam, pangkal kekuatan mereka.
Yeremia menubuatkan bahwa Elam akan dihajar di tempat paling penting dari kekuatannya. Hari ini, kita bisa menyimpulkan akan terjadinya serangan terhadap program nuklir Iran yang sedang berkembang. Salah satu target nuklir Iran yang paling strategis dan rentan adalah reaktor nuklir Bushehr, yang terletak di jantung Elam kuno (lihat peta).
Elam_Bushehr-Nuclear-Plant
Yeremia juga menubuatkan bahwa Iran akan menanggung penderitaan karena busur yang patah. Ketika busur Anda patah, Anda tidak dapat menempatkan anak-anak panah dari tabung panah Anda, atau dalam pemahaman modern, mengeluarkan rudal-rudal Anda dari silo. Ini mungkin menyiratkan bahwa IRGC (Garda Pengawal Revolusi Iran) tidak akan dapat meluncurkan sejumlah rudalnya (anak-anak panah dalam konsep perang modern adalah rudal-rudal) kepada musuh-musuhnya.
Yer 49:36 Dan Aku akan memberikan atas Elam keempat angin dari keempat penjuru langit, dan akan menyerakkan mereka ke segala arah mata angin itu. Dan tidak akan ada bangsa yang tidak akan masuk di sana, tempat Elam terserak.
Yeremia kemudian memperingatkan bahwa setelah serangan itu, populasi penduduk yang terdampak terpaksa menyebar dari daerah itu. Ini bisa jadi akibat orang-orang Iran berusaha untuk melarikan diri dari wilayah yang terisolasi akibat bencana nuklir. Jika reaktor nuklir Bushehr dihantam, ini menjadi kemungkinan yang sangat nyata karena fasilitas tersebut dipenuhi dengan batang-batang bahan bakar nuklir yang disediakan oleh Rusia. John Bolton, mantan Duta Besar AS untuk PBB, mengatakan pada 2010, “Israel punya masalah, karena begitu batang bahan bakar nuklir dimasukkan ke dalam reaktor, sebuah serangan … hampir pasti akan menyebarkan radiasi ke atmosfer“. Beberapa penelitian lain yang dilakukan terhadap keselamatan situs nuklir Bushehr telah menyimpulkan bahwa kecelakaan di fasilitas tersebut dapat berakibat bencana semacam itu. Kekacauan radioaktif akan menyebabkan eksodus massal orang-orang di daerah sekitarnya (penyebaran orang-orang Iran ke seluruh dunia seperti yang dinubuatkan Yeremia)!
Yer 49:37 Aku akan membuat Elam ketakutan di hadapan musuh-musuhnya, dan di hadapan orang yang mencari hidup mereka. Aku akan menimpakan kemalangan ke atas mereka, yaitu nyala amarah-Ku. Aku akan mengirimkan pedang ke hadapan mereka sampai Aku memusnahkan mereka.
Dari kitab suci kita dapat membaca bahwa YHVH marah kepada Iran, yang mengakibatkan beberapa bencana di Iran. Kitab suci merujuk nyala amarah YHVH dengan api. Sedangkan pedang, adalah simbol Alkitab untuk peperangan.
Dalam perspektif perang modern, nyala api amarah YHVH ini memberikan deskripsi yang sangat mirip dengan bencana senjata nuklir, yang dapat Anda baca di: Ulg 32:22; Ulg 32:23; Kel 15:7; Yeh 21:31; Mzm 21:10; Yes 30:27; Nah 1:6; Zef 3:8. “Sebab lihatlah, YHVH akan datang dengan api, dan kereta perang-Nya, seperti puting beliung, untuk melampiaskan kehangatan murka-Nya, dan hardik-Nya dalam kobaran api. Sebab dengan api dan dengan pedang-Nya, YHVH akan menjatuhkan hukuman kepada semua yang hidup, dan orang-orang yang terbunuh oleh YHVH akan menjadi banyak jumlahnya” Yes 66:15-16.
Yer 49:38 Aku akan menempatkan takhta-Ku di Elam, dan akan menghancurkan raja serta pembesar-pembesar di sana,” firman YHVH.
Yer 49:39 “Namun akan terjadi, pada hari-hari kemudian, Aku akan membawa kembali penawanan dari Elam,” firman YHVH.
Nubuat Yeremia juga menunjukkan bahwa YHVH akan menempatkan takhta-Nya di Elam. Orang-orang Iran yang menerima Mesias Yeshua sebelum kedatangan-Nya yang kedua akan dikembalikan dari pengasingan global ke tanah air bersejarah mereka yang telah dipulihkan di Elam. Sangat menarik untuk dicatat, selama beberapa tahun terakhir Iran telah mengalami salah satu kebangunan rohani terbesar di dunia. Dari sekitar 500 orang percaya pada tahun 1979 (tahun Revolusi Iran), hingga beberapa juta orang percaya saat ini, Iran adalah populasi Injil yang paling cepat berkembang di seluruh dunia! Kekristenan berkembang begitu cepat sehingga rezim Islam Iran telah melembagakan kebijakan-kebijakan keras untuk mengekang pertumbuhannya.
Penggenapan nubuat ini kemungkinan besar akan terjadi ketika reaktor nuklir dihancurkan, baik oleh Israel, AS atau oleh gempa bumi, melepaskan radiasi yang akan memaksa evakuasi orang-orang Iran dari seluruh wilayah tersebut. Perhatikan bahwa daerah di mana reaktor nuklir Bushehr berada di Elam adalah negeri dengan gempa aktif, dan ia duduk di atas lempeng tektonik.
Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Bushehr secara fisik dipisahkan dari Iran besar (Persia) oleh pegunungan Zagros. Perubahan ketinggian karena pegunungan Zagros kemungkinan akan melindungi sebagian besar Iran dari kehancuran yang memungkinkan mereka untuk menyerang kembali sebagai salah satu bangsa Magog di kemudian hari. Menariknya, Yehezkiel akrab dengan Elam, menurut Yehezkiel 32:24-25, Elam akan menyebabkan terjadinya “kengerian di dunia orang hidup”. Namun Yehezkiel tidak memasukkan Elam di dalam barisan penyerang Gog dan Magog di Yehezkiel 38, mungkin karena sudah hancur pada saat itu (diturunkan ke bagian bumi yang paling bawah).
Yeh 32:24 Di sana Elam dan seluruh rakyatnya di sekeliling kuburnya; mereka semua mati terbunuh, rebah oleh pedang, orang-orang tak bersunat yang turun ke bagian bumi yang paling bawah; yang telah memberikan kengeriannya di dunia orang hidup. Namun mereka menanggung aib mereka dengan orang-orang yang turun ke liang kubur.
Yeh 32:25 Di tengah-tengah orang yang mati terbunuh, mereka telah menaruh sebuah pembaringan baginya, kubur-kuburnya ada di sekelilingnya, mereka semua yang tidak bersunat, terbunuh oleh pedang; walaupun mereka telah memberikan kengerian di dunia orang hidup, namun mereka telah membawa aib mereka dengan orang-orang yang turun ke liang kubur, ia ditempatkan di antara orang yang terbunuh.
Ditulis lebih dari 2.600 tahun yang lalu, Yeremia dan Yehezkiel menubuatkan nasib Iran dan pertikaian spiritual yang sekarang ini sedang terjadi!

Explains Iran US
Yirmeyahu 49:34-39

Referensi: