Laman

Selasa, 10 Desember 2019

Dunia roh bukanlah alam yang tanpa penghuni



Ps Steven Agustinus

Dunia roh bukanlah alam yang tanpa penghuni.

Sebagaimana alam roh adalah memang ada dan sangat nyata, di alam roh ada makhluk hidup yang juga hidup dan tinggal di sana.

Para malaikat dan Iblis dengan seluruh tentara kegelapannya merupakan makhluk rohani yang memang hidup dalam alam roh.

Mungkin beberapa dari kita berkata bukankah Tuhan yang adalah Roh juga hidup dalam alam roh?
Walau hakekat Tuhan adalah Roh tapi sebetulnya dia tidak hidup dalam alam roh, keberadaan alam rohlah yang ada di dalam Dia! Ingat, bahwa alam roh juga adalah suatu ciptaan dan Dialah yang menciptakan alam roh itu!

1 Korintus 8:6 (TB)  ...namun bagi kita hanya ada satu Allah saja, yaitu BAPA,  YANG DARI PADA-NYA BERASAL SEGALA SESUATU dan yang untuk Dia kita hidup, dan satu Tuhan saja, yaitu Yesus Kristus, YANG OLEH-NYA SEGALA SESUATU TELAH DIJADIKAN dan yang karena Dia kita hidup.

Sebelum kita meng-eksplore dunia roh dan para makhluk rohani yang hidup di dalamnya secara lebih mendalam, saya mau kita memahami poin penting berikut:

Dunia roh dan seluruh makhluk yang hidup di dalamnya adalah suatu ciptaan dan semua tetap ada dalam kendali otoritas Tuhan sebagai pencipta dan penguasa segala sesuatu.

Tidak peduli sehebat dan sekuat apa pun Iblis dengan seluruh tentara kegelapan yang menyertainya, semuanya tetap hanyalah merupakan makhluk ciptaan dan tetap ada dalam batasan-batasan tertentu yang sudah ditetapkan oleh Tuhan sendiri. Ketika ada dari beberapa malaikat kegelapan yang berniat 'mencemari benih perempuan itu' (Kej 6:1-2) dengan cara 'melepas tubuh rohnya' demi untuk mengubah nature atau DNA manusia (sehingga dari perempuan itu lahirlah para raksasa di bumi ini - Kej 6:4)

Tuhan pun melepaskan penghukuman-Nya demi untuk memusnahkan hasil 'kejahatan' yang buat oleh para malaikat kegelapan tersebut dan pada saat yang sama, mengembalikan bumi, manusia dan seluruh ciptaan yang lain untuk 'kembali kepada tujuan semula saat diciptakan' (Kej 6-7)

Yudas 1:6 (TB) 
Dan bahwa Ia menahan malaikat-malaikat yang tidak taat pada batas-batas kekuasaan mereka, tetapi yang meninggalkan tempat kediaman mereka, dengan belenggu abadi di dalam dunia kekelaman sampai penghakiman pada hari besar,

Dunia roh dan semua makhluk yang hidup di dalamnya ditetapkan Tuhan untuk hidup di dalam batasan dan ketetapan-ketetapan hukum yang Ia berlakukan. Bahkan dalam alam roh pun ada hukum yang harus diikuti! Salah satu bentuk hukum rohani yang berlaku di alam roh adalah Hukum dosa dan maut serta *Hukum Roh dan kehidupan*
(Ulangan 28 dan Roma 8 - hal ini akan kita bahas lebih lanjut)

AkuCintaTuhan
Ps. Steven Agustinus




Tidak ada komentar:

Posting Komentar