Rabu, 11 April 2012

YAHUSHUA adalah NAMA ASLI IBRANI MESIAS


Picture

Nama YAHUSHUA memiliki arti yang sangat penting dalam bahasa Ibrani, yaitu YHWH Menyelamatkan. 
YHWH memberi petunjuk mengenai Nama ANAKNYA, jadi kita memiliki penjelasan untuk hal ini. Zakharia diperintahkan untuk mengambil mahkota dan mengenakannya di kepala Yahushua, anak Yahutsadak.

Jadi, Imam Besar ini (Yahushua) memiliki nama yang sama dengan Mesias yang akan datang yang akan memerintah sebagai imam di tahtaNYA. Dia memiliki NAMA Mesias, dan YHWH memberitahukan dan mengungkapkan apa nama Mesias kita melalui pengajaran yang indah ini. Jadi mengapa tidak memanggil Dia dengan Nama itu?

Perhatikan bahwa dalam kamus Strong, nama Mesias menunjuk pada kata Ibrani # 3091. Nama ini adalah nama yang sama dengan "Yosua, Anak Nun". Dalam bahasa Ibrani, nama ini dieja YAHUSHUA.

YAHUSHUA adalah NAMA ASLI IBRANI MESIAS


MUTATION FLOW GRAPH: tabel yang menunjukkan BAGAIMANA NAMA IBRANI YAHUSHUA BERUBAH MENJADI JESUS DENGAN BERJALANNYA WAKTU (catatan: cara membaca Nama YAHUSHUA adalah sama dengan cara membacanya dalam bahasa Indonesia).
Picture


Perihal Nama Mesias adalah hal yang sangat penting. Silahkan dibaca ayat-ayat di bawah ini:

Kis 2:38  Jawab Petrus kepada mereka: "Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam Nama YAHUSHUA HA MASHIACH (Yesus Kristus) untuk pengampunan dosamu, maka kamu akan menerima karunia Roh Kudus.

Kis 4:7  Lalu Petrus dan Yohanes dihadapkan kepada sidang itu dan mulai diperiksa dengan pertanyaan ini: "Dengan kuasa manakah atau dalam Nama siapakah kamu bertindak demikian itu?"

Kis 4:12  Dan keselamatan tidak ada di dalam siapapun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada Nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan."

Kis 10:43  Tentang Dialah semua nabi bersaksi, bahwa barangsiapa percaya kepada-Nya, ia akan mendapat pengampunan dosa oleh karena Nama-Nya."

Kis 15:26  yaitu dua orang yang telah mempertaruhkan nyawanya karena Nama Tuhan kita YAHUSHUA.

Contoh di atas hanyalah dari Kisah Para Rasul (dan yang dimuat di atas barulah sebagian dari ayat-ayat di Kisah Para Rasul yang menunjukkan pentingnya Nama Mesias. Ayat-ayat lain di Kisah Para Rasul yang menunjukkan pentingnya Nama Mesias akan diberikan di akhir artikel ini). Dan ayat-ayat yang diberikan di artikel ini hanyalah yang berasal dari Kisah Para Rasul. Jadi dengan banyaknya ayat-ayat yang menunjukkan kepada kita pentingnya NamaNYA, kita harus berusaha mempelajari Nama AsliNYA. Nama YAHUSHUA berhubungan kuat dengan pribadi YAHUSHUA sendiri.

Perlu diingat bahwa nama-nama lain tidak berubah dalam berbagai bahasa. Sebagai contoh, apabila nama saudara Soekarno, maka nama ini tidak akan berubah dalam bahasa Inggris, Jerman, Arab, Rusia, ataupun Spanyol, nama itu tetap Soekarno.

Satu contoh lagi, apabila saudara melihat tayangan di TV dalam bahasa Spanyol, nama Geoge Bush misalnya, ketika namanya disebut dalam tayangan tersebut, saudara tidak akan mendengar namanya diterjemahkan menjadi presidente Jorge Arbusto. Di Indonesia pun, nama George Bush tetaplah George Bush, baik dalam segi penulisannya maupun juga pelafalannya. Jadi nama-nama lain tidaklah diubah-ubah karena bahasa yang berbeda.

Marilah kita mempelajari sehingga kita mulai dapat memanggil nama Penebus kita sesuai dengan Nama asliNYA dalam bahasa Ibrani (original Hebrew Name)

Menurut Kamus American Heritage, asal mula nama “Jesus” adalah:

Jesus ..Middle English, from Late Latin Isus, from Greek Isous, from Hebrew yû‘, from yhôûa‘, Joshua...

Perhatikan bahwa kamus ini berkata bahwa asal mula NamaNYA adalah dari bahasa Latin, kemudian bahasa Yunani, dan barulah bahasa Ibrani. Jadi nama “Jesus” adalah hasil dari 3 bahasa yang berbeda yang memberikan pengaruh terhadap Nama asli yang murid-murid beritakan, membaptis dan berdoa dalam Nama asli ini. Beberapa dari pengaruh ini sebenarnya tidak terlalu lama yang lalu. Dalam Alkitab versi King James 1611, Alkitab ini awalnya menulis nama “Iesus” dan bukan “Jesus”. Ini karena memang awalnya huruf “J” belum ada di dalam bahasa Inggris.

Silahkan dilihat gambar di bawah ini yang merupakan salah satu halaman Alkitab bahasa Inggris, King James Version tahun 1611. Di sini saudara bisa melihat dengan jelas bahwa nama yang tertulis adalah "Iesus" dan bukan "Jesus".
Picture
Silahkan dilihat gambar-gambar di bawah ini yang merupakan sampul depan Alkitab bahasa Inggris tahun 1599 dan 1581. Di sini saudara bisa melihat dengan jelas bahwa nama yang tertulis adalah "Iesus" dan bukan "Jesus".
Picture
Picture
Revisi King James Version berikutnya mengubah nama “Iesus” menjadi “Jesus”. Pertanyaannya adalah, siapa yang berhak mengganti nama Mesias ini? Manusia atau YHWH? Dan apabila YAHUSHUA adalah sama kemarin, hari ini dan selama-lamanya, mengapa manusia mengubah-ubah namaNYA?

Jika saudara melihat nama “Jesus” di kamus Strong, di situ tertera “Iesous”

"2424 Iesous ee-ay-sooce' of Hebrew origin (3091); Jesus (i.e. Jehoshua), the name of our Lord and two (three) other Israelites:--Jesus."

Perhatikan bahwa dalam kamus Strong di atas, nama Mesias menunjuk pada kata Ibrani # 3091. Nama ini adalah nama yang sama dengan "Yosua, Anak Nun". Dalam bahasa Ibrani, nama ini dieja YAHUSHUA.

Banyak digunakan oleh gerakan Mesianik, "Yeshua" sebenarnya merupakan bentuk Aram (Aramaik) dari nama Ibrani "YAHUSHUA". Dalam naskah Ibrani, Yeshua tidak dieja sama dengan YAHUSHUA.

Mengapa menggunakan Nama Yahushua?

Karena kita berusaha untuk hidup dalam kebenaran, kita seharusnya ingin menyebut Nama-NYA seperti YHWH memberikannya. Mungkin awalnya memang tidak biasa, tapi ini semua berakar pada kenyataan bahwa kitab suci kita ditulis dalam bahasa lain. Jika kita berbahasa Ibrani seperti jaman YAHUSHUA dari awal, semuanya akan sangat jelas.

Satu hal yang jelas. YHWH adalah yang menamai ANAK-NYA, dan kita tidak seharusnya mengubahnya. Semua perubahan-perubahan yang pernah dilakukan manusia sebelum-sebelumnya yang menyebabkan kebingungan ini.

Tentu saja, jika kita belum mengetahui nama Mesias ini, pasti YHWH menunjukkan belas kasihan. Tetapi jika kita sudah mengetahui nama asli Mesias kita, apa alasan kita untuk tidak menggunakan nama asli Mesias ini? Adalah lebih baik untuk bergantung pada apa yang YHWH berikan daripada melanjutkan tradisi dan kesalahan-kesalahan manusia. Melanjutkan kesalahan tidak pernah lebih unggul daripada hidup dalam kebenaran.

YHWH memberi petunjuk mengenai Nama ANAKNYA, jadi kita memiliki penjelasan untuk hal ini. Dalam Kitab Zakharia tertulis:

Zakharia 6: 9-13 - Datanglah firman YHWH kepadaku, bunyinya:

10  "Pergilah pada hari ini juga ke rumah Yosia bin Zefanya dan pungutlah persembahan dari pihak orang-orang buangan, yaitu dari Heldai, Tobia dan Yedaya, semuanya orang-orang yang sudah datang kembali dari Babel,

11  pungutlah perak dan emas, buatlah mahkota dan kenakanlah itu pada kepala imam besar יהושע(YAHUSHUA) bin Yozadak;

12  katakanlah kepadanya: Beginilah firman YHWH semesta alam: Inilah orang yang bernamaTUNAS. Ia akan bertunas dari tempatnya dan ia akan mendirikan bait YHWH.

13  Dialah yang akan mendirikan bait YHWH, dan dialah yang akan mendapat keagungan dan akan duduk memerintah di atas takhtanya. Di sebelah kanannya akan ada seorang imam dan permufakatan tentang damai akan ada di antara mereka berdua.

Perhatikan bahwa “TUNAS” ini akan menjadi seorang imam dan juga Raja. Dengan jelas, ayat-ayat di atas tidak berbicara secara harafiah tentang manusia bernama “Yahushua, anak Yozadak.” Ayat-ayat di atas berbicara tentang Mesias, yang disebut “Tunas” yang akan menjadi Imam DAN RAJA. Ini adalah peran Mesias (bandingkan dengan Mazmur 110, Yesaya 9:6). Ayat lain yang menyebut “TUNAS” adalah Yeremia 23:5, dan ini jelas berbicara tentang Mesias:

Yeremia 23:5  Sesungguhnya, waktunya akan datang, demikianlah firman YHWH, bahwa Aku akan menumbuhkan TUNAS adil bagi Daud. Ia akan memerintah sebagai Raja yang bijaksana dan akan melakukan keadilan dan kebenaran di negeri.

Kata Ibrani yang sama digunakan di Yeremia 23:5, jadi Zakharia 6 dengan jelas merupakan nubuat tentang Mesias. Jadi yang tertera di Zakharia 6 merupakan nubuat tentang apa nama Mesias nantinya.

Zakharia diperintahkan untuk mengambil mahkota dan mengenakannya di kepala Yahushua, anak Yahutsadak (di bahasa Ibrani, bukan “Yeshua” yang tertera di sini, melainkan “Yahushua” יהושע).

Ketika mengenakan mahkota di kepala Imam Besar Yahushua יהושע, Zakharia diminta untuk menyatakan:

“Inilah orang yang bernama TUNAS.”

Jadi, Imam Besar ini (Yahushua) memiliki nama yang sama dengan Mesias yang akan datang yang akan memerintah sebagai imam di tahtaNYA. Dia memiliki NAMA Mesias, dan YHWH memberitahukan dan mengungkapkan apa nama Mesias kita melalui pengajaran yang indah ini. Jadi mengapa tidak memanggil Dia dengan Nama itu?

Juga, perhatikan bahwa bukan Moshe (Musa) yang dapat membawa anak-anak Israel menyeberangi Sungai Yordan, melainkan dibutuhkan seseorang bernama Yahushua (Yosua) anak Nun untuk memimpin mereka menyeberangi Sungai Yordan dan memasuki tanah perjanjian. Di sini terdapat pelajaran, bahwa Moshe (Musa) dapat menunjukkan kepada kita cara hidup yang benar, tetapi hukum tidak dapat menyelamatkan kita. Kita membutuhkan seseorang bernama Yahushua untuk memimpin kita menyeberangi Sungai Yordan dan memasuki Tanah Perjanjian.

Pada awal tulisan ini (dan juga ayat-ayat yang tercantum di akhir artikel ini), telah dibagikan contoh-contoh di mana orang-orang percaya abad pertama menyatakan Nama-NYA, membaptis dalam Nama-NYA,  menyembuhkan dalam Nama-NYA, dianiaya karena Nama-NYA, dll. Marilah kita bersedia untuk melakukan yang sama dengan menggunakan nama Sang Penebus seperti yang tertulis dan dipahami dalam bahasa Ibrani, nama yang diproklamirkan dalam hukum dan para nabi, Nama dengan arti bahasa Ibrani yang sangat penting:
יהושע

YHWH Menyelamatkan!
Silahkan dilihat di bawah ini ayat-ayat yang lain di Kisah Para Rasul yang menunjukkan pentingnya Nama Mesias (sebagian ayat-ayat sudah diberikan di atas). Perlu diingat lagi bahwa ayat-ayat yang diberikan di artikel ini barulah yang berasal dari Kisah Para Rasul.

Kis 3:6  Tetapi Petrus berkata: "Emas dan perak tidak ada padaku, tetapi apa yang kupunyai, kuberikan kepadamu: Demi Nama YAHUSHUA HA MASHIACH (Yesus Kristus), orang Nazaret itu, berjalanlah!"

Kis 3:16  Dan karena kepercayaan dalam Nama YAHUSHUA (Yesus), maka Nama itu telah menguatkan orang yang kamu lihat dan kamu kenal ini; dan kepercayaan itu telah memberi kesembuhan kepada orang ini di depan kamu semua.

Kis 4:10  maka ketahuilah oleh kamu sekalian dan oleh seluruh umat Israel, bahwa dalam NamaYAHUSHUA HA MASHIACH (Yesus Kristus), orang Nazaret, yang telah kamu salibkan, tetapi yang telah dibangkitkan Allah dari antara orang mati--bahwa oleh karena YAHUSHUA (Yesus) itulah orang ini berdiri dengan sehat sekarang di depan kamu.

Kis 4:17  Tetapi supaya hal itu jangan makin luas tersiar di antara orang banyak, baiklah kita mengancam dan melarang mereka, supaya mereka jangan berbicara lagi dengan siapapun dalamNama itu."

Kis 4:30  Ulurkanlah tangan-Mu untuk menyembuhkan orang, dan adakanlah tanda-tanda dan mujizat-mujizat oleh Nama YAHUSHUA (Yesus), Hamba-Mu yang kudus."

Kis 5:28  katanya: "Dengan keras kami melarang kamu mengajar dalam Nama itu. Namun ternyata, kamu telah memenuhi Yerusalem dengan ajaranmu dan kamu hendak menanggungkan darah Orang itu kepada kami."

Kis 5:40-41  Mereka memanggil rasul-rasul itu, lalu menyesah mereka dan melarang mereka mengajar dalam Nama YAHUSHUA (Yesus). Sesudah itu mereka dilepaskan. 41  Rasul-rasul itu meninggalkan sidang Mahkamah Agama dengan gembira, karena mereka telah dianggap layak menderita penghinaan oleh karena Nama YAHUSHUA (Yesus).

Kis 8:12  Tetapi sekarang mereka percaya kepada Filipus yang memberitakan Injil tentang Kerajaan Allah dan tentang Nama YAHUSHUA HA MASHIACH (Yesus Kristus), dan mereka memberi diri mereka dibaptis, baik laki-laki maupun perempuan.

Kis 8:16  Sebab Roh Kudus belum turun di atas seorangpun di antara mereka, karena mereka hanya dibaptis dalam Nama Tuhan YAHUSHUA (Yesus).

Kis 9:14-15  Dan ia datang ke mari dengan kuasa penuh dari imam-imam kepala untuk menangkap semua orang yang memanggil Nama-Mu." 15  Tetapi firman Tuhan kepadanya: "Pergilah, sebab orang ini adalah alat pilihan bagi-Ku untuk memberitakan Nama-Ku kepada bangsa-bangsa lain serta raja-raja dan orang-orang Israel.

Kis 9:21  Semua orang yang mendengar hal itu heran dan berkata: "Bukankah dia ini yang di Yerusalem mau membinasakan barangsiapa yang memanggil Nama YAHUSHUA (Yesus) ini? Dan bukankah ia datang ke sini dengan maksud untuk menangkap dan membawa mereka ke hadapan imam-imam kepala?"

Kis 9:27  Tetapi Barnabas menerima dia dan membawanya kepada rasul-rasul dan menceriterakan kepada mereka, bagaimana Saulus melihat Tuhan di tengah jalan dan bahwa Tuhan berbicara dengan dia dan bagaimana keberaniannya mengajar di Damsyik dalam Nama YAHUSHUA (Yesus).

Kis 15:14  Simon telah menceriterakan, bahwa sejak semula Allah menunjukkan rahmat-Nya kepada bangsa-bangsa lain, yaitu dengan memilih suatu umat dari antara mereka bagi Nama-Nya.

Kis 16:18  Hal itu dilakukannya beberapa hari lamanya. Tetapi ketika Paulus tidak tahan lagi akan gangguan itu, ia berpaling dan berkata kepada roh itu: "Demi Nama YAHUSHUA HA MASHIACH (Yesus Kristus) aku menyuruh engkau keluar dari perempuan ini." Seketika itu juga keluarlah roh itu.

Kis 18:15  tetapi kalau hal itu adalah perselisihan tentang perkataan atau nama atau hukum yang berlaku di antara kamu, maka hendaklah kamu sendiri mengurusnya; aku tidak rela menjadi hakim atas perkara yang demikian."

Kis 19:5  Ketika mereka mendengar hal itu, mereka memberi diri mereka dibaptis dalam NamaTuhan YAHUSHUA (Yesus).

Kis 19:13  Juga beberapa tukang jampi Yahudi, yang berjalan keliling di negeri itu, mencoba menyebut Nama Tuhan YAHUSHUA (Yesus) atas mereka yang kerasukan roh jahat dengan berseru, katanya: "Aku menyumpahi kamu demi Nama YAHUSHUA (Yesus) yang diberitakan oleh Paulus."

Kis 19:17  Hal itu diketahui oleh seluruh penduduk Efesus, baik orang Yahudi maupun orang Yunani, maka ketakutanlah mereka semua dan makin masyhurlah Nama Tuhan YAHUSHUA (Yesus).

Kis 21:13  Tetapi Paulus menjawab: "Mengapa kamu menangis dan dengan jalan demikian mau menghancurkan hatiku? Sebab aku ini rela bukan saja untuk diikat, tetapi juga untuk mati di Yerusalem oleh karena Nama Tuhan YAHUSHUA (Yesus)."

Diterjemahkan oleh: www.yesusdatang.com

Diterjemahkan dari: http://www.eliyah.com/yahushua.html
Sumber lain:
http://www.fossilizedcustoms.com/transliteration.html
http://www.amsjakarta.org/artikel/namasangpenebus.htm

Pesan Penting: AKU, TUHAN, BAPA Surgawi kalian, memanggil semua orang untuk berdoa dari hari ini di dalam NAMA YAHUSHUA, ANAKKU Terkasih. Alasan untuk ini adalah bahwa antikristus akan menggunakan nama: 'Yesus Kristus' sebagai identitas-nya dalam masa tribulasi, ketika mempelaiKU pergi. Akan sulit, masa-masa yang sulit, seperti yang belum pernah dilihat di bumi ini. AKU sudah memanggil banyak mempelaiKU untuk berdoa dalam Nama asli ANAKKU: YAHUSHUA. Jadikan ini kebiasaan terkasihKU, nama YAHUSHUA memiliki kuasa yang lebih dan sangat menyenangkanKU, TUHAN kalian. TUHAN memberitahu saya (Sabrina), bahwa faktanya DIA membuat Nama ini dikenal sekarang dalam surat-surat ini, agar ini menjadi tanda (dari KEDATANGAN YAHUSHUA YANG SEGERA).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar